Tuesday, July 15, 2014

Pembentukan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu dan Terencana

Ilustrasi © gallowayewm.com

Latar Belakang :          


            Sampah selalu akan menjadi musuh besar segala kota dan daerah berkembang di dunia.

Permasalahan:

 
            Pengolahan sampah di Indonesia kurang berkembang dan dirasakan tidak profitable, samapah saat ini hanyalah dibuang di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) tanpa pengolahan lebih lanjut sehingga mencemari lingkungan dan menimbulkan permasalahaan sewaktu TPA tersebut penuh. Adapun beberapa yang sudah memulai usaha daur ulang tetapi masih terbatas untuk sampah-sampah plastik dan logam akan tetapi sampah organik dan sampah-sampah kimia lainnya tidak ada yang mengolah.
            Permasalahan berikutnya adalah walaupun sudah banyak tempat sampah pemisahan di kota-kota besar akan tetapi tetap saja hal tersebut hanyalah ilusi semata, sebab bila diperhatikan pengankutan sampah ke TPA tetap saja dilakukan oleh mobil sampah yang sama dimana semua sampah disatukan kembali.

Solusi:


            Pembuatan BUMN atau BUMD yang memiliki tugas daur ulang dan berorientasi keuntungan sebab banyak sampah yang dapat di daur ulang (tidak hanya menjadi pupuk kering semata) dan usaha ini seharusnya menguntungkan sebab bahan bakunya gratis yang terkadang malah rumah tangga akan membayar untuk membuang sampah mereka Beberapa bentuk pengolahan sampah :

-          Sampah Organik : Sampah ini dapat diproses Dapat dibuat menjadi sumber bahan baku pembuatan bio gas (saat ini sangat lah di sia-siakan), bio gas yang di hasilkan dapat dipakai sebagai sumber energy pembangkit listrik maupun di jual sebagai BIO LPG, hasil fermentasi pembuatan LPG pun yang lebih di kenal sebagai slurty dapat dijadikan pupuk organik yang dapat di jual kepada petani dengan harga yang tidak terlalu tinggi (sebab terbuat dari sampah). Dan dengan pengolahan lebih lanjut dapat pula dirubah kembali menjadi tenaga listrik.

 Contoh penerapan pengolaham sampah untuk bio LPG ada di daerah madrid spanyol:
-         Sampah logam & eloktronik: Sampah ini dapat di daur ulang menjadi logam kembali bahkan untuk sampah-sampah elektronik dapat menghasilkan emas.
Contoh penerapan terdapat di Jepnag:
-          Kertas & Karton pun dapat di daur ulang menjadi kertas dan karton kembali (saat ini yang mendaur ulang bukan lah TPA sehingga bila di hitung margin akan lebih baik bila TPA yang mengerjakannya). Contoh penerapan:
Dan masih banyak lagi, karena saat ini hampir semua jenis sampah dapat di daur ulang, hal ini dapat di cek ke youtube sebagai sumber informasi pengolahan sampah. Adapun ide menarik yang dapat membawa bangsa Indonesia agar peduli sampah adalah mesin atm sampah seperti contoh yang terdapat di Belanda:
Dengan menjadi masyaraqkat yang peduli sampah dan daur ulang maka Indonesia akan mencegah kerusakan alam lebih lanjut, mengatasi sampah, dan dapat menambah pendapatan daerah.