Saturday, July 19, 2014

Pemuatan Informasi Intranet Indonesia



Ilustrasi dari wikipedia

Latar Belakang   :


                Pentingnya informasi secara Internet dewasa ini sangat diperlukan terutama karena dalam sebuah jaringan seperti internet Informasi sangat mudah didapat. Dan juga lebih ringkas untuk daerah-daerah yang sulit transportasi dan sulit membawa buku pelajaran.

Permasalahan   :


                Penyediaan jasa internet sangat mahal dan apabila yang diinginkan hanya menyebarkan informasi untuk dunia pendidikan bukankah penyediaan akses internet bebas sangat mubazir?
               

Solusi:   


                Selain pembangunan jaringan informasi, pemerintah dapat membuat sebuah jaringan intranet nasional dimana informasi-informasi pendidikan dapat ditempatkan disana sehingga pengunduhan dan biaya informasi lebih murah dibanding harus memakai jaringan informasi internet internasional. Dan dengan jaringan intranet pemerintah dapat lebih mudah menyuting isi kontent sehingga tidak keluar jalur dari jalur pendidikan.

                Keuntungan lainnya dari jaringan intranet adalah sumber informasi tidak harus benar-benar terhubung secara nasional tetapi dapat dibuat beberapa clone (kembaran) dari server-server yang memuat data-data edukasi sehingga pemerintah tidak harus membuat jaringan secara nasional tetapi dapat memakai jaringan seperti wimax yang mempunyai arah jangkauan yang besar dan hanya perlu menyambungkan area-area berpenduduk di Indonesia terlebih dahulu (untuk jangka pendek, untuk jangka panjang alangkah indahnya bilamana Indonesia terhubung dengan jaringan intranetnya sendiri).

Tambahan Inspirasi:

                Bilamana dirasakan sulit membangun jaringan komunikasi permanen mungkin bisa membuat jaringan komunikasi intranet yang tidak permanen tetapi cukup kredible, sebagai contah seperti jaringan komunikasi yang dibuat google dengan Loon projectnya (project pembuatan balon udara internet)

No comments:

Post a Comment