Thursday, July 10, 2014

Program Reaktor LPG Portable

Ilustrasi


Latar belakang   :


LPG Merupakan sumberdaya yang dipakai di Indonesia saat ini sebagai kebutuhan pokok dan sampah organic selalu dapat kita temui dimana-mana, bahkan manusia selalu mengeluarkan sampah organik setiap hariny.a Apa bila sampah organik ini dapat menghasilkan LPG bukankah ekonomi rumah tangga indonesia menjadi sangat kuat?

Permasalahan:


Sumber LPG yang bisa di akses oleh masyarakat saat ini adalah yang di jual oleh Pertamina, dan kekurangan akses penelitian ke bidang pembuatan biogas menyebabkan ketergantungan tersebut seakan tanpa solusi. Serta dewasa ini kita melihat bahwa kebutuhan energi Gas akan semakin meningkat.

Solusi : 

Solusi Ini telah di kembangkan di India, Pakistan, China dan di berbagai Negara lainnya dimana mereka mengembangkan rekator Biogas  (LPG) dari limbah manusia, hewan, maupun sampah-sampah organic yang difermentasikan. Solusi ini bahkan dapat dilakukan dalam sekala rumahan seperti yang ditunjukan dalam dalam video kreatif berikut :


Yang perlu pemerintah sediakan adalah penyuluhan yang terpadu terhadap teknologi ini dan mungkin penyediaan perangkat portable yang sudah SNI agar terjamin keamanannya agar masyarakan dapat segera menerapkan solusi ini.

Tambahan:


Adapun sisa akhir dari proses tersebut akan membuat sebuah larutan yang dinamakan “slurty” dapat digunakan sebagai pupuk kandang, dan bayangkan bila mana setiap rumah di Indonesia menghasilkannya maka seluruh pertanina di Indonesia tidak akan kekurangan pupuk lagi. Dan pupuk kandang tidak seperti pupuk sintetis yang merusak unsur hara tanah (Perlu di ketahui Tiongkok sebagai salah satu penghasil pangan terbesar di dunia yang produknya sering kita import memakai pupuk kandang dibanding pupuk sintetis).