Saturday, July 19, 2014

Pembuatan Video Tutorial Pelajaran & Kelas Online

Ilustrasi


Latar Belakang   :


                Kurangnya tenaga ahli pengajaran di Indonesia yang menjangkau daerah-daerah terpencil. Serta semakin banyaknya lulusan kelas online yang tidak kalah jauh dari kelas tatap muka.

Permasalahan   :


                Kurangnya perhatian pemerintah untuk kesejahteraan pengajar di daerah-daerah dan kurangnya akses pengajar ke daerah-daerah terpencil membuat sedikit sekali tenaga pengajar yang dapat mengajar di daerah-daerah terpencil. Perlu di maklumi karena tidak semua orang mau meninggalkan keluarga mereka untuk mengajar anak-anak yang mereka tidak kenal dalam waktu yang lama. Serta tidak cepat mencetak tenaga pengajar yang ahli dalam segala bidang.

Solusi:  


                Untuk daerah-daerah yang terjangkau internet dapat dilakukan kelas-kelas online dimana tenaga pengajar sedikit dapat memberikaninformasi yang berguna untuk mendidik pelajar yang daerahnya sulit didatangi tenaga pengajar.
                Untuk daerah-daerah yang sulit didatangi tenaga pengajar dapat disediakan video-video tutorial maupun pengajaran-pengajaran dalam bidang lain sehingga cukut terdapat tenaga pengajar yang minim (lokal) yang dapat menjalankan dcd. Untuk hal ini pemerintah dapat menyediakan tv yang mempunyai dvd player. Setidaknya solusi memakai Video DVD ini dapat menjadi solusi jangka pendek dan menengah dibanding harus mencetak tenaga pengajar yang terburu-buru dan saya yakin anak daerah pedalaman yang tidak suka sekolah akan menyukai datang ke sekolah untuk belajar dari video dvd.

Beberapa Contoh Kelas Online:

https://kelaskita.com/

http://www.kelasmaya.com/

No comments:

Post a Comment